Breaking News

Penyebab Kulit Kepala Berminyak dan solusinya

Penyebab Kulit Kepala Berminyak dan solusinya

Memiliki rambut yang bagus tidak lepas dari kulit kepala. Jika kulit kepala kita baik atau sehat maka tentu rambut kita pun bagus dan membuat kita percaya diri saat beraktivitas diluar rumah. Akan tetapi, tidak jarang dari kita memiliki masalah seperti kulit kepala yang berminyak. Perlu anda ketahui bahwa penyebab kulit kepala berminyak cukup bermacam-macam. Namun, hal penting yang perlu kalian ketahui adalah kulit kepala memiliki kelenjar sebaceous yang akan menghasilkan sebum dan diangkut dari folikel ke batang rambut. Kegunaan sebum ini pada dasarnya adalah sebagai pelembab rambut secara alami dan melindungi setiap helai rambut agar tetap sehat dan lembut. Namun, jika berlebih juga tidak terlalu baik karena bisa membuat kulit kepala kita berminyak.

Berbagai macam hal penyebab kulit kepala berminyak

Ada banyak macam kenapa kulit kepala kita terlalu berminyak. Meskipun kondisi kulit kepala berminyak ini biasanya berubah pada setiap orang namun seringnya dipicu oleh berbagai faktor. Diantaranya adalah fluktuasi hormon. Hormon yang tidak seimbang bisa terjadi saat kehamilan, menopuse, pubertas, stres, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Kondisi ini tentu bisa menyebabkan hormon berubah yang akhirnya menyebabkan minyak berlebih dikulit kepala. Selain itu, terlalu banyak menyisik jiga bisaa mendistribusikan minyak keseluruh helai rambut yang akhirnya akan membuat kulit kepala nampak lebih berminyak.

Selaina hal-hal tersebut diatas, penyebab kulit kepala berminyak lainnya adalah tekstur rambut. Tekstur rambut memang bisa berpengaruh pada kondisi kulit kepala. Pada pemilik rambut lurus, sebum biasanya akan bergerak lebih cepat sehingga kulit kepala akan lebih mudah untuk berminyak dibandingkan dengan rambut keriting dan bergelombang. Jika anda terlalu banyak menggunakan produk perawatan rambut juga akan memicu sebum produksi dikulit kepala sehingga kepala akan terlalu berminyak.

Tips merawat kulit kepala berminyak

Jika kalian ingin mengatasi masalah kepala anda yang berminyak, maka penting bagi kalian untuk mengetahui beberapa hal berikut agar bisa berkurang. Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan keramas cukup satu kali sehari dan lakukanlah setiap hari. Selain itu, kalian juga perlu menggunakan shampo khusus untuk rambut berminya dan bermanfaat untuk membersihkan rambut tanpa memicu produksi minyak yang berlebih. Kalian bisa memadukan bahan alami dan shampo komersil untuk mengatasi kepala berminyak anda. Anda bisa menggunakan maasker lidah buaya dan mengaplikasikan pada rambut karena bahan alami seperti lidah buaya sangat efektif mengurangi minya sehingga rambut akan lebih sehat, kuat dan berkilau.

Adapun cara terakhir untuk menghilangkan masalah kulit kepala berminyak adalah menggunakan teh hijau. Zat tanin pada teh hijau dipercaya bisa mengatasi minyak berlebih sekaligus memberikan nutrisi pada kulit kepala anda. Dengan begitu, mengetahui penyebab kulit kepala berminyak sangat penting agar bisa mengatasinya dengan baik.