Breaking News

PENYEBAB REDAMAN FIBER OPTIK

 

Penyebab Koneksi Kita Pelan

Anda biasanya dapat memperbaiki koneksi internet yang lambat jika masalahnya ada di pihak Anda. Restart sederhana modem dan router Anda (atau gateway nirkabel all-in-one) terkadang dapat mempercepat koneksi Anda. Tetapi kecepatan lambat Anda mungkin juga merupakan akibat dari masalah di pihak penyedia Anda — masalah yang tidak dapat Anda perbaiki.

Umumnya, modem atau router Anda (atau keduanya) akan membuat hambatan kecepatan jika tidak berfungsi dengan baik—sama halnya dengan gateway nirkabel. Jika peralatan Anda terlalu tua, mungkin tidak mendukung protokol internet penting. Kerusakan peralatan, seperti port atau komponen yang buruk, juga dapat menyebabkan perlambatan.

Ada beberapa cara untuk memastikan setiap langkah jaringan Anda bekerja dengan kecepatan optimal. Kami akan membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki tautan terlemah jaringan Anda mulai dari dasar-dasarnya—kami akan mendapatkan lebih mendalam saat kami masuk lebih dalam ke panduan kami.

Paket internet Anda terlalu lambat

 

Jika internet Anda melambat hanya ketika terlalu banyak orang yang online secara bersamaan, Anda mungkin menggunakan lebih banyak bandwidth daripada yang diizinkan oleh paket Anda. Gunakan tes kecepatan internet kami untuk melihat apakah Anda mendapatkan kecepatan yang diiklankan oleh ISP Anda. Jika hasil Anda mendekati kecepatan rencana Anda, pertimbangkan untuk meningkatkan.

Paket internet Anda memberi Anda sejumlah bandwidth tertentu, dan jika ada lebih banyak informasi yang mencoba berpindah daripada bandwidth, Anda mengalami kemacetan lalu lintas.

Pikirkan koneksi internet Anda seperti jalan langsung ke rumah Anda. Satu mobil senilai orang (atau data internet) dapat mencapai rumah Anda pada suatu waktu. Jika ada tiga mobil yang mencoba untuk sampai ke sana, mereka harus berbaris untuk sampai ke rumah Anda. Dan jika lebih banyak mobil datang saat yang lain menunggu untuk mencapai rumah Anda, antrean dan penundaan akan semakin lama.

Penyedia layanan internet anda mengalami gangguan

Pelanggan internet kabel mungkin mengalami perlambatan selama masa puncak ketika mereka dan semua orang di lingkungan itu aktif online pada waktu yang sama. Ini adalah situasi yang mirip dengan lalu lintas di jaringan rumah Anda tetapi dalam skala yang lebih besar. Dalam hal ini, Anda dan semua tetangga Anda bersaing untuk bandwidth yang sama.

Jika kemacetan menjadi sangat buruk, penyedia internet Anda mungkin membatasi kecepatan internet di wilayah Anda untuk mengurangi lalu lintas jaringan. Salah satu ciri – ciri internet kabel anda mengalami gangguan adalah redaman kabel fiber optik yang tinggi.

Sayangnya, Anda tidak dapat mengontrol kapan atau seberapa sering orang-orang di area yang sama menggunakan internet—kami tentu tidak menyarankan untuk meminta tetangga Anda log off agar Anda dapat Zoom dengan tenang. Tetapi ada beberapa trik untuk menghindari masalah ini.

Sisi baiknya, karena ISP kabel telah menambahkan lebih banyak node lingkungan ke jaringan mereka, kemacetan tingkat lingkungan tidak menjadi masalah besar seperti dulu.

 

Satu-satunya jenis internet yang tidak terlalu terpengaruh oleh kemacetan jaringan suatu wilayah adalah internet fiber. Infrastruktur serat mampu membawa lebih banyak informasi daripada jenis internet lainnya, sehingga memiliki banyak lalu lintas pada saat yang sama tidak memperlambat pelanggan individu.