Breaking News

Review Lenovo IdeaPad S145

 

Fitur dan performa laptop Lenovo IdeaPad S145 entry-level ini sangat ideal untuk menunjang proses belajar atau bekerja dari rumah. Selain terjangkau, laptop ini menggunakan SSD.

Selama beberapa bulan terakhir, kami sudah terbiasa bekerja dan belajar dari rumah. Bagi para pekerja dan orang tua, perangkat komputasi tentu akan dicari untuk mendukung aktivitas anak-anaknya tersebut. Pilihannya adalah PC atau laptop yang menawarkan desain lebih portabel. Secara pribadi saya akan memilih laptop karena bisa digunakan dimana saja.

Baca Juga : Laptop Bisnis Terbaik

Saat ini, ada banyak pilihan laptop di pasaran. Untuk mendukung pekerjaan kantor umum atau proses pengajaran, laptop mainstream sudah cukup. Salah satu pilihannya adalah Lenovo IdeaPad S145 yang dibanderol sekitar Rp 6 jutaan dan memiliki spek yang cukup menarik. IdeaPad S145 ditenagai oleh prosesor AMD dan sudah menggunakan SSD. Berikut adalah spesifikasi lengkapnya.

desain

Desain IdeaPad S145 tidak berubah. Sederhana namun menarik, logo khas Lenovo berada di sisi perangkat. Gunakan bahan plastik untuk mengaplikasikan pola kuas pada cover. Lenovo juga menggunakan opsi perak untuk membuat laptop ini semakin elegan.

Ukuran laptop ini sangat kompak, berukuran panjang 12,9 inci dan lebar 9,5 inci. Ukuran khas untuk laptop dengan layar 14 inci. Menariknya, laptop ini tidak besar, dan cukup ringan. Beratnya hanya sekitar 1,6 kg. Jadi, laptop ini sudah pasti portabel.

Meski tipis, IdeaPad S145 memiliki susunan port yang cukup lengkap. Di sebelah kanan adalah kartu SD dan port kombo audio. Bagi mereka yang menyukai fotografi, pekerjaan mobile itu mudah. Dan di area kiri terlihat lebih ramai. Laptop ini memiliki 3 port USB, dua di antaranya sudah menggunakan teknologi USB 3.0, port HDMI dan port adaptor.

Meski tergolong laptop entry-level, tampilan layar IdeaPad S145 tetap up-to-date. IdeaPad S145 juga dilengkapi bezel tipis. Hasilnya, pengguna akan memiliki pengalaman visual yang luas. Resolusi layar 1366×768 piksel, kecerahan 220 nits, dan menggunakan panel TN. Hal yang baik tentang layar ini adalah ia memiliki waktu respons yang baik, tetapi warnanya masih agak pucat, meskipun warna hitamnya masih cukup bagus.

IdeaPad S145 memiliki keyboard yang ringkas. Memang tidak ada deretan tombol angka di keyboard, karena umumnya hanya notebook 17 inci yang memiliki notebook ukuran penuh. Namun, meski hadir dengan ukuran keyboard yang lebih ringkas, hal ini justru membuat ukuran keycap menjadi cukup besar.

Bagi pengguna baru atau adik-adik yang masih menempuh pendidikan, mengetik di IdeaPad S145 akan terasa mudah. Karena ukurannya yang besar, ini mengurangi risiko kompresi palsu. Tombol-tombolnya sendiri nyaman untuk ditekan, tidak terlalu lunak atau terlalu keras. Bereaksi cukup cepat.

Ukuran touchpad pada laptop ini terbilang cukup lebar. Lokasinya persis di bawah bilah spasi (Space). Tidak ada desain tombol. Jadi untuk klik kiri atau klik kanan, kita tinggal menebak dan menekan tombol kiri dan kanan.

Touchpad juga mendukung input 3 jari menggunakan Windows Quick Access. Ini memberikan pengalaman yang lebih cepat untuk beralih antar aplikasi, membuka atau menutupnya. Karena ukurannya, pengalaman menggunakan input tiga jari cukup nyaman.

Awalnya, ketika konsumen ingin membeli laptop, webcam hanya mendapat sedikit perhatian. Namun akhir-akhir ini, webcam benar-benar mendapatkan daya tarik. Perangkat yang bertanggung jawab untuk menampilkan video langsung atau mengambil gambar adalah salah satu elemen yang dicari. Karena adanya webcam masih memungkinkan untuk melakukan pekerjaan atau belajar proses belajar mengajar secara online.

Webcam pada IdeaPad S145 memiliki resolusi maksimal 720 piksel dengan aspek rasio 16:9. Dari segi penampilan memang belum bisa dikatakan bagus, cukup dengan memberikan kelas online atau meeting online kepada para pekerja kantoran.