Breaking News

Sebelum Memulai Bisnis Jual Ikan, Ikuti 8 Tahapan Berikut

Makanan laut termasuk kategori makanan yang disukai masyarakat karena selain enak, ada banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Tak heran bila banyak orang yang mengkonsumsinya setiap hari. Bahkan, restoran yang menyajikan ikan laut pun semakin bertambah seiring bertambahnya pecinta makanan laut.

Hal inilah yang bisa menjadi peluang Anda untuk dimanfaatkan sebagai ladang bisnis menjual ikan. Bisnis jual ikan sangat mungkin menguntungkan karena kini sudah jarang masyarakat yang membutuhkannya langsung dengan membeli di tempat pelelangan ikan. Umumnya, orang akan membeli langsung di pasar dengan harga yang cukup tinggi.

Tahapan Memulai Bisnis Jual Ikan

Tips Tahapan Memulai Bisnis Jual Ikan

Dengan perencanaan yang tepat, bisa saja suatu saat bisnis jual ikan Anda menjadi pemasok utama untuk pasar besar, baik di daerah sekitar rumah maupun seluruh wilayah Indonesia. Namun, perlu diingat bahwa untuk memulai bisnis tidaklah mudah, termasuk dalam menjual ikan. Terdapat beberapa tahapan penting berikut ini yang perlu dilakukan sebelum mulai memutuskan menjalankan bisnis jual ikan.

1. Menemukan Supplier Ikan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan ketersediaan ikan untuk penjualan secara berkelanjutan. Untuk menemukan supplier ikan, Anda bisa mendatangi lokasi tempat pelelangan ikan atau bertanya kepada nelayan untuk menjadikan mereka pemasok kebutuhan Anda. Selain itu, pun bisa mencari supplier di internet dengan mencari yang testimoninya bagus dan bisa mengirimkan cepat. Jika berlangganan dengan supplier akan menurunkan biaya modal pembelian karena mendapatkan harga yang jauh lebih terjangkau.

2. Menghitung Modal

Menghitung modal secara spesifik akan memudahkan Anda mengatur keuangan dan target penjualan yang perlu dicapai agar mendapatkan keuntungan. Setiap pengeluaran untuk kebutuhan bisnis perlu dicatat agar tidak terjadi kebocoran uang yang tidak diketahui. Catatlah keuangan serinci mungkin.

3. Menentukan Cara Penjualan

Cara penjualan yang efektif adalah memasarkan langsung ke konsumen di pasar tradisional atau modern. Selain itu, juga bisa dengan memasok ikan kepada pedagang lain, yang mana peran Anda hanya sebatas supplier dan tidak berdagang langsung kepada konsumen. Cara penjualan lainnya bisa memasok untuk kebutuhan restoran dan rumah makan yang menyediakan menu makanan laut. Potensi restoran dan rumah makan sendiri sangat banyak sehingga bisa menjadi peluang yang dicoba.

4. Berikan Harga Kompetitif

Harga yang kompetitif akan memudahkan Anda dalam mencari langganan pasar. Harga kompetitif pun secara tidak langsung akan mempromosikan bisnis dan dikenal oleh pasar yang lebih luas.

5. Menentukan Jenis Ikan yang Dijual

Analisa pasar mengenai jenis ikan yang sering atau akan laku di pasaran. Hal ini penting dilakukan untuk mendukung bisnis jual ikan Anda di masa mendatang.

6. Mengolah Sisa Ikan

Terkadang banyak sisa ikan yang tidak laku terjual. Untuk itu, Anda perlu menemukan cara mengolah sisa ikan agar tetap bernilai tinggi. Jangan sampai bisnis jual ikan Anda merugi karena ikan yang tidak laku dijual.

7. Menghitung Pendapatan

Pastikan juga Anda selalu menghitung pendapatan bersih untuk menentukan arah pengembangan. Tahapan ini pun penting untuk mencatat keuangan bisnis penjualan Anda.

8. Menentukan Target Penjualan

Jika sudah mengetahui pendapatan bersihnya, memutuskan target penjualan untuk langkah berikutnya akan menjadi terasa mudah. Tahapan ini bisa mengembangkan bisnis Anda ke arah yang lebih baik.

Itulah sederet tahapan memulai bisnis jual ikan yang perlu diketahui pemula. Perlu dicoba segera karena peluang bisnis menjual ikan bisa memberikan banyak keuntungan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa memilih supplier ikan merupakan tahapan pertama yang perlu dilakukan. Nah, untuk mendapatkan supplier terpercaya yang menjual ikan segar berkualitas, Anda bisa mempercayakannya kepada Sayurbox.

Bila membeli di Sayurbox, Anda bisa mendapatkan beragam ikan segar dengan harga yang affordable. Pengiriman ikan pun tetap akan segar sampai ke tangan Anda karena pengirimannya cepat dengan maksimal 1 jam. Anda bisa berbelanja ikan di Sayurbox melalui aplikasi atau situsnya dengan cara klik https://www.sayurbox.com/category/ikanseafood-1-a9d498d8. Selamat berbelanja di Sayurbox !