Breaking News

Seperti Inilah Cara Merebus Kacang Hijau yang Benar

Resep Bubur Kacang Ijo Kental Yummyyy oleh Annisa Ellen Damayanti - Cookpad

Merebus merupakan salah satu kegiatan memasak yang memang sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang. Hal itu bukan tanpa sebab, karena pada zaman tersebut belum ditemukan yang namanya minyak goreng.

Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa makanan yang direbus itu jauh lebih menyehatkan ketimbang makanan yang digoreng lho. Pasalnya, minyak goreng memiliki kandungan kolesterol jahat sehingga dapat memicu penumpukan lemak jenuh dalam tubuh.

Berbeda dengan makanan yang direbus, dimana sama sekali tidak memiliki kandungan kolesterol sehingga aman untuk dikonsumsi.

Berbicara soal merebus, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar tips merebus kacang hijau. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Rendam Dulu Dengan Air

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum merebus kacang hijau, yakni merendamnya dulu dengan air. Mengapa demikian? Pasalnya, kacang hijau yang langsung direbus akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa empuk.

Secara otomatis, hal tersebut pastinya akan membuat konsumsi gas menjadi lebih boros. Jadi sebelum merebus, disarankan bagi kamu untuk merendam dulu kacang hijaunya kedalam air selama kurang lebih 3 hingga 4 jam.

 

  1. Mendidihkan Air Terlebih Dulu

Setelah kacang hijaunya selesai direndam, itu artinya ia sudah siap untuk direbus. Namun, ada baiknya jika kamu tidak langsung merebus kacang hijau tersebut. Soalnya, ada trik lain yang bisa membuat kacang hijau lebih cepat empuk dan mekar lho.

Maka dari itu, sebaiknya kamu mendidihkan air terlebih dulu sebelum merebus kacang hijau. Ketika airnya sudah mendidih, barulah masukkan kacang hijau kedalamnya dan dijamin akan matang dalam waktu yang singkat.

 

  1. Jangan Gunakan Api yang Terlalu Besar

Masih banyak yang beranggapan bahwa merebus kacang hijau dengan api besar itu akan cepat matang. Padahal, anggapan tersebut sama sekali tidak benar. Buktinya, kacang hijau yang direbus dengan api besar tidak akan matang secara merata.

Begitu pun dengan penggunaan api kompor yang terlalu kecil, sehingga akan memakan waktu lama untuk bisa matang. Oleh karena itu, penggunaan api yang sedang merupakan cara paling tepat dalam merebus kacang hijau.

Akan tetapi, terkadang kacang hijau yang direbus itu kerap meninggalkan bau langu. Tentu saja kacang hijau yang masih berbau ini akan membuat kita menjadi tidak bernafsu untuk menyantapnya.

Untuk mensiasati masalah yang satu ini, maka kamu bisa menggunakan daun pandan atau jahe saat merebus kacang hijau. Dengan memasukkan jahe atau daun pandan kedalam rebusan, maka kacang hijaunya menjadi lebih wangi.

 

  1. Perhatikan Durasi Merebusnya

Menurut kabar yang beredar, untuk mendapatkan kacang hijau dengan tingkat kematangan yang sempurna itu harus direbus selama 7 menitan. Nah, agar lebih akurat lagi, kamu juga bisa memanfaatkan fitur timer yang ada di smartphone.

 

  1. Tutup Pancinya dan Diamkan Setelah Kacang Hijau Direbus

Ketika durasinya sudah mencapai 7 menit, segera matikan api kompor tapi jangan langsung diangkat. Dengan kata lain, biarkan panci rebusan kacang hijau tersebut dalam keadaan tertutup dan diamkan kurang lebih selama 30 menitan.

Mengapa harus demikian? Ya, cara ini bertujuan agar proses memasaknya tetap berlanjut meski api kompor dalam keadaan mati. Bahkan, cara tersebut juga sudah terbukti bisa membuat kacang hijau matang dengan sempurna dan hemat gas.