Breaking News

Sistem Pendidikan Indonesia Selama Era Pandemi

 

Informasi tentang pendidikan di Indonesia – Beberapa tahun yang sebuah pandemi telah banyak melumpuhkan kegiatan di seluruh dunia. Pandemi covid-19 yang melanda, bukan hanya merubah kondisi sosial dan ekonomi. Pandemi ini juga mempengaruhi aspek pendidikan. Dikarenakan pandemi yang mengharuskan kita untuk melakukan pembatasan sosial, maka pendidikan belajar mengajar pun ikut terbatasi.

Selama masa pandemi yang terjadi, sistem pendidikan di Indonesia juga banyak berubah. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya bisa dilakukan di sekolah, saat itupun menjadi hanya bisa dilakukan di rumah. Guru dan murid melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui daring. Tidak ada lagi kegiatan tatap muka yang dilakukan, hal itu tentunya juga menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi banyak orang.

 

Informasi Tentang Pendidikan di Indonesia Setelah Pandemi Berlalu

Tepat setelah 2 tahun lamanya pandemi covid-19 melanda hampir seluruh belahan dunia, kini pandemi tersebut pun sudah kian mereda dan hampir tidak ditemukan kasus barunya. Hal ini tentunya menjadi sebuah berita menggembirakan baik dari sektor perekonomian Indonesia, kegiatan sosial, sampai dengan sistem pendidikan. Tepat setelah 2 tahun sistem pendidikan di seluruh dunia tergantung utamanya di Indonesia, dengan adanya pembatasan sosial yang menyebabkan kita semua harus melakukan kegiatan daring. Kini setelah pandemi mereda, para murid dan guru pun mulai bisa melaksanakan kegiatan tatap muka kembali.

Sudah ada banyak sekolah yang kembali menerapkan kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka. Hal ini tentunya hal yang bagus karena murid dan juga guru bisa mulai bertemu satu sama lain. Selain itu dengan kegiatan belajar mengajar, murid pun akan bisa lebih maksimal untuk bertanya ataupun mendapatkan penjelasan dari para guru. Seperti yang bisa Anda lihat beritanya di situs depoedu, dengan kembalinya kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, kegiatan belajar pun mulai bisa dilakukan dengan maksimal baik antara murid dengan murid ataupun guru dengan murid.

 

Efek Dari Belajar Daring Selama Pandemi

Karena terjadinya pandemi yang mengharuskan kita membatasi kegiatan sosial dan perpindahan. Banyak hal yang akhirnya mulai berubah, terutama di dalam sistem pendidikan. Menurut informasi tentang pendidikan di Indonesia di era pandemi, pembelajaran daring menyebabkan banyak sekali hal. Utamanya adalah ketidak efektif dalam belajar. Lalu, apa saja dampak yang terjadi selama berlangsungnya pembelajaran daring di era pandemi? Salah satu adalah terjadinya loss learning, dimana siswa mengalami penurunan kompetisi dalam belajar meskipun sudah mendapatkan tugas seperti biasanya.

Untuk bisa tetap mendapatkan informasi tentang pendidikan di Indonesia juga berbagai berita pendidikan lainnya, Anda bisa membacanya di situs resmi Depoedu https://www.depoedu.com/ yang menyediakan berbagai berita pendidikan. Itulah artikel yang bisa saya tuliskan, sekian terima kasih.