Breaking News

Soft Skill yang Harus Diperhatikan Saat Merekrut Software Developer

Setiap posisi di perusahaan harus diisi oleh orang-orang terbaik. Hal tersebut harus dipastikan oleh para HRD saat mereka merekrut calon karyawan baru untuk posisi apapun termasuk Software Developer.

Merekrut calon karyawan baru untuk posisi IT seperti Software Developer memang cukup berat dan tak mudah. Ada banyak sekali aspek-aspek penting yang harus diperhatikan agar HRD tak salah dalam memilih kandidat. Salah satu hal yang sangat penting bagi Software Developer tentu saja soft skill yang mereka miliki. 

 

Nah, bagi Anda yang ingin tahu soft skill apa saja yang harus diperhatikan saat merekrut Software Developer, artikel ini sangat tepat untuk dibaca karena di bawah ini kami akan berikan bocorannya. Simak terus ulasan selengkapnya!

 

Apa Saja Soft Skill yang Harus Diperhatikan Saat Merekrut Software Developer

 

Software developer adalah salah satu pekerjaan yang bergerak di bidang IT. Simpelnya, profesi ini diisi oleh orang-orang yang memiliki tugas untuk membangun sekaligus menciptakan suatu produk berbentuk software atau perangkat lunak.

 

Dalam pembuatan produk tersebut, seorang software developer akan melakukannya berdasarkan berbagai prinsip desain serta implementasi rekayasa perangkat lunak.  

 

Software Developer sendiri salah satu termasuk profesi yang cukup rumit. Ada banyak banyak sekali tugas-tugas yang harus dilakukan seperti mendiagnosis permasalahan pemrograman, memastikan kualitas program, menganalisis kebutuhan pengguna, harus menguasai banyak bahasa coding atau pemrograman, dan lain sebagainya.

 

Daftar Soft Skill yang Harus Diperhatikan Saat Merekrut Software Developer

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa profesi yang satu ini cukup komplek sehingga membutuhkan kandidat-kandidat mumpuni. Agar bisa menemukan calon karyawan terbaik untuk posisi ini, berikut kami sajikan deretan soft skill yang harus diperhatikan saat merekrut Software Developer oleh HRD:

 

1.  Kerjasama Tim

 

Kerjasama tim yang baik nampaknya menjadi basic skill yang dibutuhkan oleh hampir semua jenis pekerjaan. Itulah mengapa skill yang harus diperhatikan saat merekrut Software Developer yang pertama adalah kemampuan kerjasama tim yang baik.

 

Hal ini dikarenakan dalam proses development sebuah produk, biasanya seorang Sofware Developer akan bekerjasama dengan tim yang lainnya untuk memberikan sebuah solusi atau apapun itu. 

 

Jika seorang Software Developer tidak mampu bekerjasama dengan baik. Ini tentunya akan menyusahkan mereka dalam bekerja.

 

2. Fokus

 

Hal kedua yang harus diperhatikan saat memilih calon karyawan untuk posisi Software Developer adalah kemampuan untuk fokus dengan baik. 

 

Software Developer memiliki tugas yang cukup kompleks dan rumit, selain itu mereka juga harus memperhatikan target-target jangka pendek maupun jangka panjang yang harus dicapai dalam tugasnya sebagai software development.

 

Hal tersebut membutuhkan kemampuan fokus yang baik karena akan sangat berpengaruh pada kualitas maupun produktivitas kerja mereka.

 

3. Cepat Belajar dan Beradaptasi

 

Di tengah perkembangan yang pesat seperti sekarang, seorang Software Developer dituntut untuk bisa beradaptasi dengan cepat. Setiap harinya ada banyak sekali ilmu-ilmu baru yang terus berkembang khususnya dalam strategi bisnis sebuah perusahaan.

 

Software Developer harus menyesuaikan diri dan mengimbangi perkembangan tersebut. Mereka harus terus belajar sekaligus memahami berbagai perkembangan teknologi maupun teknik-teknik terbaru dan terbaik untuk dijadikan sebagai strategi bisnis ketika bekerja.

 

4. Kreativitas

 

Meskipun Software Developer merupakan profesi yang cukup logikal, calon karyawan untuk posisi ini juga harus memiliki kreativitas yang tinggi. Skill ini akan membantu mereka dalam berinovasi ke depannya ketika bekerja sehingga dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik.

 

Demikianlah beberapa soft skill yang harus diperhatikan saat merekrut Software Developer. Setelah mengetahui berbagai soft skill, kamu mungkin penasaran bagaimana cara mengetahui dan menilainya agar dapat menemukan kandidat terbaik.

 

Untuk menilai semua soft skill tersebut kamu dapat menggunakan menggunakan platform pre-employment test Algobash. Melalui tools tersebut, Anda dapat memberikan beragam tes mulai dari hard skill, soft skill, kesesuaian dengan perusahaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Algobash dapat membantu Anda melakukan penilaian yang lebih objektif agar dapat memilih calon karyawan Software Developer terbaik.