Breaking News

Tanda Jantung Tidak Sehat

Tanda jantung tidak sehat bermacam-macam. Hal ini disebabkan gejala yang ditimbulkan akan berefek pada beberapa bagian tubuh.

Jantung merupakan organ vital manusia dimana kita tidak akan hidup jika jantung berhenti bergerak maka dari itu kita patut menjaga dan merawat organ pemberian tuhan yang satu ini, karena tuhan tidak menciptakan suku cadangnya, bahkan manusia manapun tidak akan sanggup membuatnya. Jantung sangat berpengaruh terhadap bagian tubuh lainnya. Jantung berfungsi untuk memberikan makanan bagi berbagai organ tubuh lainnya bersama dengan arteri. Maka dari itu jika anda mengalami gejala-gejala yang menunjukkan gangguan pada jantung segera periksakan diri pada ahlinya.

Berikut ini adalah beberapa tanda jantung tidak sehat, jika anda mengalami 2 atau lebih gejala ini segera kunjungi dokter ahli agar anda segera mendapat penanganan yang cepat dan tepat, antara lain:

1. Gangguan Pencernaan, Mual atau Rasa Perih di Perut

Serangan jantung atau yang disebut juga dengan Myocardial Infarction bisa ditandai dengan gejala gangguan pencernaan, seperti mual atau perih pada perut. Gejala seperti ini banyak dialami oleh wanita, hal ini sesuai dengan hasil studi yang meneliti tentang gejala awal serangan jantung, wanita mengalami rasa mual, muntah dan gangguan pencernaan lainnya 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan serangan awal jantung pada laki-laki. Hal ini disebabkan oleh adanya penyumbatan lemak pada arteri sehingga mengakibatkan kurangnya asupam darah ke jantung, ini biasa terjadi pada dada dan kadang juga perut. Bagian jantung yang mengalami gangguan akan mengirimkan sinyal berupa rasa nyeri pada bagian tubuh yang dipengaruhinya. Biasanya pada bagian yang lebih rendah dari dada, maka dari itu nyeri bisa terjadi pada perut.

2. Sakit pada Rahang dan Telinga

Tanda jantung tidak sehat bisa berpengaruh pada rahang dan telinga berupa rasa sakit. Namun rasa sakit ini juga bisa terjadi karena hal lainnya. Rasa sakit yang terjadi akibat penyakit jantung koroner dan serangan jantung adalah sulitnya menemukan sumber sakit yang terjadi pada rahang yang menjalar hingga ke telinga. Rasa sakit ini terjadi akibat jaringan jantung yang rusak dimana sangat berpengaruh terhadap sumsum tulang belakang, sinyal yang dikirimkan pada sumsum tulang belakang inilah yang kemudian akan mempengaruhi saraf disepanjang rahang hingga telinga. Rasa sakit ini juga khas dan berbeda dengan rasa sakit akibat sakit gigi infeksi telinga, jika sakit gigi atau infeksi, nyeri yang terjadi hanya bertumpu pada 1 titik sedangkan nyeri pada serangan jantung lebih bersifat menyebar sehingga rasa sakit ini kadang bisa terjadi pada bagian bahu atau lengan bagian kiri.

3. Sering Merasa Pusing, Sesak Napas atau Pingsan

Pusing mungkin sering dialami oleh sebagian besar orang dan penyebabnya pun juga beragam, ada yang karena migraine, namun jika pusing ini sering terjadi dan disertai dengan sesak napas bahkan hingga pingsan, bisa jadi itu adalah tanda jantung tidak sehat. Keadaan ini juga bisa anda alami saat anda sedang beraktivitas, seperti berjalan atau membersihkan rumah. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya asupan darah dan oksigen yang menuju jantung melalui arteri. Kekurangan asupan darah dan oksigen ini disebabkan oleh banyaknya plak yang menumpuk pada jantung, sehingga menyebabkan rasa sakit dan nyeri saat anda menarik napas dalam-dalam. Selain itu keadaan ini juga tidak berlangsung dalam waktu yang lama namun mendadak dan hanya sekejap saja rasa sakit itu akan hilang saat anda berisitirahat.

4. Sakit Leher

Sebagian besar orang pernah mengalami sakit leher. Namun jika rasa sakit ini sering terjadi pada anda dan rasanya seperti tertarik maka anda harus segera memeriksakan diri, takutnya ini ada hubungannya dengan penyakit jantung. Sebagian besar penderita jantung baru menyadari jika ternyata mereka sering mengalami rasa pegal, sakit dan nyeri pada leher, hal ini terjadi karena adanya ketegangan pada otot. Namun gejala ini sering terabaikan karena adanya rasa yang lebih sakit dari dada bagian kiri. Rasa sakit pada leher terjadi akibat adanya saraf jaringan jantung yang mengirimkan sinyal nyeri naik turun ke sumsum tulang belakang yang menjalar hingga leher dan bahu. Rasa sakit ini sulit terdeteksi karena memang tidak bersumber pada satu titik melainkan pada berbagai titik dan menyebar. Rasa sakit ini tidak akan menghilang dengan pemijatan atau pengompresan, jika anda mengalami nyeri yang seperti itu, segera periksakan diri, karena bisa jadi nyeri itu adalah tanda jantung tidak sehat.