Breaking News

Tanda Tanda Kehamilan yang wajib anda kenali

Tanda Tanda Kehamilan yang wajib anda kenali

Tanda tanda kehamilan memang kadang berbeda antara satu ibu dengan lainnya sehingga penting bagi kita untuk mempelajaari tanda-tanda tersebut sehingga kita bisa menjaga janin sedini mungkin. Penjagaan janin sejak dini tentu saja akan membuat perkembangan janin lebih bagus ketika berkembang didalam perut ibu. Kebanyakan orang mengira tanda-tanda kehiman bisa mirip seperti gejala sebelum menstruasi yaitu kram pada perut dan rasa tidak nyaman pada payudara sehingga banyak wanita yang tidak sadar bahwa mereka sudah memasuki periode awal kehamilan.

Tanda Tanda kehamilan yang jarang diketahui oleh seseorang

Penting bagi kita untuk mengathui tanda-tanda ketika seseorang hamil meskipun tidak semua wanita memiliki tanda-tanda yang sama namun ada tanda-tanda umum yang biasanya dirasakan oleh seorang wanita. Biasanya, orang akan menggunakan tespek ketika usia kehamilan sudah jalan beberapa minggu namun anda juga perlu memperhatikan beberapa tanda yang jarang diketahui dan mungkin saja akan menimpa anda para calon ibu yang mengandung untuk pertama kali. Tanda yang jarang diketahui oleh setiap orang adalah biasanya mudah lelah atau capek. Sejak awal kehamilan, biasanya kadar hormon progesteron dalam tubuh akan meningkat dan hormon ini bisa membuat anda mengantuk serta kelelahan meskipun aktivitas yang dilakukan biasa saja.

Selain itu, tanda tanda kehamilan yang jarang diketahui adalah sering membuang air kecil. Hal ini dipicu oleh hormon HCG yang diproduksi saat minggu pertama kehamilan akan menyebabkan peningkatan aliran dara ke area panggul. Hal ini akan menyebabkan wanita hamil cenderung akan buang air ecil lebih sering dari baiasanya. Akan tetapi jika disertai sakit ketika buang air kecil maka hal ini bisa menjadi tanda terjadinya infeksi saluran kemih.

Tanda umum kehamilan pada wanita

Jika sebelumnya adalah tanda yang jarang diketahui, sekarang ada beberapa tanda umum yang dirasakan oleh ibu hamil. Diantaranya adalah mual-mual. Tanda ini muncul biasanya ketika memasuki usia kehamilan 4 hingga 6 minggu dan berakhir saat kehamilan memasuki trimester kedua atau minggu ke-13 atau ke-14. Gejala ini biasanya muncul dipagi hari sehingga sering disebut dengan morning sickness. Adapun tanda lainnya adalah terlambat menstruasi karena calon janin sudah menempel pada dinding rahim sehingga tubuh anda akan mulai memproduksi hromon chrionic gonadotropin (hCG) yaitu hormon yang membantu tubuh menjaga kehamilan.

Adapun tanda tanda kehamilan lainnya yang bisa terjadi pada setiap wanita adalah perubahan pada payudara. Biasanya payudara akan menjadi bengkak, sakit dan terasa lebih berat. Area disekitar uting juga biasanya akan berubah menjadi gelap. Pada saat ini, aliran darah ke payudara akan meningkat, jaringan lemak baru mulai terbentuk, dan saluran susu mulai mengembang sehingga ketika anak lahir maka akan mendapatkan air susu untuk dikonsumsi.