Breaking News

Teknik Menulis yang Cermat dan Tepat

Tulisan merupakan sebuah alat komunikasi antara penulis dengan pembacanya. Menulis adalah mengemukakan gagasan, memberikan informasi atau cerita melalui aksara hingga melahirkan sebuah rangkaian kalimat. Tapi menulis adalah bukan sekedar menorehkan kata-kata saja. 

Banyak hal yang wajib kita pahami sebelum akhirnya menuangkan gagasan ke dalam karya tulis. Hal ini karena tujuan dari sebuah penulisan adalah mengajak pembaca untuk ikut menikmati apa yang telah kita tuangkan. 

Melalui sebuah tulisan, harapan kita adalah agar pembaca menikmati tulisan kita hingga akhir dan memperoleh pesan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, teknik menulis yang kita gunakan harus tepat sehingga tulisan terlihat baik dan tidak bias.

Pelajari lebih lanjut soal teknik menulis di tikawidya.com.

Tujuan Menulis

Menulis memilki bermacam-macam tujuan, antara lain adalah untuk membagikan informasi mengenai sesuatu baik itu berupa data, fakta atau pendapat kepada pembaca sehingga mereka mendapat wawasan baru. Selanjutnya menulis ada yang bertujuan persuasif, yaitu membujuk para pembaca untuk melakukan sesuatu, baik itu mendukung atau mempengaruhi perilaku pembaca.

Menulis juga memiliki tujuan untuk memberikan edukasi mengenai suatu hal atau memberikan pesan moral. Selain itu, sebuah tulisan juga dapat menghibur pembaca misalnya melalui novel, cerpen atau cerita humor.

Demi tercapainya tujuan dari penulis, maka penting untuk memahami teknis menulis yang baik, cermat dan tepat. 

Teknik Menulis

Agar tulisan kita menarik minat para pembaca, maka teknis menulis yang baik penting untuk kita pahami. Adapun hal-hal tersebut antara lain:

  1. Memahami jenis tulisan

Hal ini merupakan hal yang pertama kali penulis tentukan sebelum memulai penulisan. Jenis tulisan akan mempengaruhi penulis dalam tahapan proses menulisnya.

  1. Mempertimbangkan pembaca

Pentingnya pertimbangan adalah agar tulisan kita menjadi sesuatu yang baru dan berguna bagi mereka.

  1. Berorientasi publik

Karya tulis yang kita buat setidaknya juga menyesuaikan dengan publik mana yang akan kita sasar. 

  1. Menentukan tema dan ide 

Tema dan ide merupakan pondasi bagi tulisan yang akan kita buat. Kita bisa memperoleh tema dan ide dari melakukan observasi.

  1. Mengembangkan ide yang sudah ada

Pada fase ini, penulis harus selalu memperhatikan penggunaan bahasanya agar pembaca dapat mengerti pesan yang akan disampaikan.

  1. Memperhatikan unsur dalam tulisan

Unsur dalam tulisan yaitu isi dalam tulisan itu sendiri.

  1. Meninjau gaya penulisan

Setiap penulis memiliki gaya penulisan unik yang membedakannya dengan penulis lainnya.

  1. Mencermati setiap kesalahan dalam ejaan maupun penulisan

Kesalahan pada penulisan terkadang membuat pembaca menjadi bingung dan tidak memahami dengan baik pesan apa yang akan penulis sampaikan.

Oleh karena menulis adalah bersumber dari pikiran, maka agar hasil yang kita tuliskan tidak ambigu dan bias, penting bagi penulis untuk memperhatikan hal-hal di atas.

Pelajari lebih banyak lagi soal teknik menulis yang tepat di tikawidya.com.