Teknologi yang Digunakan Untuk Membuat Virtual Youtuber

Virtual Youtuber merupakan Youtuber yang menggunakan animasi 3D CGI sebagai karakter utama dalam video Youtuber yang memilih untuk menggunakan tokoh virtual ini lebih populer dengan sebutan vTuber. Pada dasarnya, konten yang disajikan oleh para vTuber ini tidak jauh berbeda dengan Youtuber pada umumnya.

 

Sebagai contoh, para vTuber yang tergabung dalam Alterly biasa menyajikan berbagai konten gaming. Bukan hanya itu saja para talent Alterly juga banyak menyajikan konten menarik berupa konten ngobrol bersama para talent.

 

Bagi kamu yang penasaran mengenai teknologi seperti apa yang digunakan oleh para virtual Youtuber, berikut ini merupakan beberapa teknologi utama yang digunakan oleh para vTuber. Tentu saja, beberapa teknologi di bawah ini merupakan teknologi yang wajib dimiliki oleh para vTuber.

 

Teknologi 3D CGI

Teknologi CGI (Computer Generated Images) merupakan teknologi utama yang digunakan untuk membuat karakter vTuber. Para pembuat konten vTuber sebenarnya tetap menjalankan proses shooting seperti halnya para Youtuber konvensional. Hanya saja, gambar yang dihasilkan kemudian diubah menjadi karakter animasi.

 

Karakter yang digunakan bisa berbeda-beda tergantung dari bentuk dan sifat karakter yang diinginkan. Teknologi 3D CGI inilah yang menjadi nyawa dalam proses pengubahan karakter konvensional menjadi video karakter animasi.

 

Green Screen dan Motion Capture

Selain menggunakan 3D CGI sebagai konverter utama untuk mengubah karakter konvensional menjadi karakter animasi, vTuber juga membutuhkan teknologi green screen dan motion capture untuk membuat konten virtual Youtuber

 

Green screen dan motion capture ini akan digunakan ketika editor akan mengubah karakter konvensional menjadi karakter animasi. Karakter vTube wajib melakukan proses shooting dengan menggunakan layar hijau atau green screen dan akhirnya akan diedit dengan menggunakan teknologi motion capture.

 

Animator 3D CGI

Teknologi animator 3D CGI juga menjadi salah satu software yang harus ada untuk membuat karakter menjadi bentuk animasi. Teknologi inilah yang dapat membuat karakter tetap bergerak, berbicara, dan bahkan beraktivitas dengan gerakan yang natural seperti halnya Youtuber konvensional yang menggunakan manusia sebagai karakter utama.

 

Animator ini juga digunakan untuk mengedit latar dan berbagai detail yang diperlukan agar konten yang dihasilkan menjadi lebih bagus dan terlihat lebih menarik. Semakin bagus animator 3D CGI yang dimiliki, maka semakin bagus pula konten vTube yang akan dihasilkan.

 

Aplikasi Editor Video

Agar konten layak untuk diunggah dan dibagikan kepada seluruh penonton, tentu aplikasi video editor wajib untuk dimiliki oleh para pembuat konten. Setelah karakter dibuat dan proses shooting sudah selesai dilakukan, editor harus menyempurnakan video tersebut menggunakan aplikasi video editor. 

 

Aplikasi ini memungkinkan para pembuat konten untuk memotong video, menambahkan konten, menambahkan ornamen, serta menambahkan detail pada video yang akan diunggah. Ada sedikit saran untuk kamu yang ingin membuat konten vTube. Pastikan kamu menggunakan aplikasi video editor yang mumpuni. Penggunaan aplikasi ini sangat mempengaruhi hasil akhir dari konten yang akan diunggah. Bila perlu, kamu bisa meminta bantuan jasa editor professional untuk menyempurnakan video yang akan kamu unggah.

 

Dengan bantuan beberapa media tersebut, para vTuber bisa menghasilkan berbagai konten menarik dengan animasi terbaik. Bila kamu ingin mencoba menjadi seorang vTuber atau sekedar ingin melihat konten para vTuber, silahkan mengunjungi channel yang dimiliki para talent dari Alterly. Dijamin kamu akan merasa terhibur dengan konten yang disediakan oleh para virtual Youtuber favoritmu