Breaking News

Khasiat Temulawak Untuk Atasi Kanker Hati

temulawak untuk atasi kanker hati

Menurut laman deherba.com, terapi dengan temulawak dapat membantu proses penyembuhan kanker hati. Bagaimana sebenarnya pemanfaatan herbal temulawak untuk kanker hati? Sejauh mana efektivitas khasiat dari temulawak?

Penyakit Kanker Hati

Kanker hati berada di urutan ke enam sebagai kanker yang paling banyak terdiagnosa di dunia. Juga dikatakan sebagai salah satu kanker paling mematikan. Terapi kanker hati juga terbilang kompleks karena organ hati sendiri merupakan organ vital dengan setidaknya 500 fungsi. Sehingga secara umum, pasien kanker hati akan mengalami penurunan kondisi yang berat akibat efek kerusakan hati itu sendiri.

Organ hati termasuk jenis organ yang cukup rentan untuk terserang metastasis kanker. Sehingga kasus kanker hati sekunder memiliki tingkat prosentasi cukup besar. Tetapi kanker hati primer sendiri juga cukup banyak terjadi. Yakni kanker yang berkembang dari sel hati itu sendiri.

Kebanyakan kanker hati terdiagnosa sebagai kanker Hepatocellular  Carcinoma.  Jenis kanker hati yang berasal dari sel utama dalam organ hati bernama hepatosit. Bagian utama dari hati yang berperan dalam fungsi metabolisme protein, gula dan lemak.

Terdapat pula jenis kanker hati lain seperti Cholangiocarcinoma yang terbentuk dari jaringan yang bekerja memproduksi cairan empedu. Juga terdapat Hepatoblastoma, yakni jenis kanker langka yang menyerang system filter hati, biasanya terjadi pada anak-anak.

Kanker Hati Dapat Mematikan

Menyikapi fakta bahwa organ hati sendiri merupakan organ multi fungsi yang merupakan salah satu bagian vital dalam tubuh. Maka kerusakan yang terjadi pada hati akibat kanker dapat menjadi masalah besar.

Ini menyebabkan sejumlah fungsi hati tidak bekerja dan dapat merusak fungsi keseluruhan tubuh secara umum. Karena tubuh akan mengalami overtoksin, gangguan pada fungsi filter dan pembuangan, gangguan fungsi metabolisme dan banyak lagi.

Sehingga tingkat kematian pada kasus kanker hati relatif paling tinggi dari kebanyakan kasus kanker lainnya. Bahkan pada stadium awal, kanker hati hanya memiliki prognosis sekitar 80% sampai 85% saja.

Itu pula sebabnya, terapi yang diberikan pada kasus kanker hati bisa cukup kompleks. Namun pada tahapan awal, sejumlah terapi herbal dipercaya mampu memberi manfaat cukup signifikan terhadap pengobatan kanker hati. Seperti pada temulawak yang bisa diterapkan untuk pengobatan kanker hati.

Manfaat Temulawak Untuk Kanker Hati

Herbal temulawak (Curcuma xanthorrhiza) terbukti memiliki kandungan xanthorrhizol (XNT). Ini adalah senyawa aktif dengan beragam aktivitas biologis seperti antioksidan, anti-kanker, anti-inflamasi, hepatoprotektif, anti-mikroba, anti-hipertensif, anti-hiperglikemik, anti-platelet, nefroprotektif dan estrogenik.

Pengaruh dari senyawa dalam temulawak yang efektif melawan kanker dan sebagai hepaprotektif sendiri dijelaskan dalam salah satu jurnal yang dirilis dalam Pharmacognosy Research tahun 2016.

Dalam pembahasan lain dijelaskan peran XNT secara spesifik terbukti merupakan agen antiproliferatif dan menginduksi apoptosis. Hal tersebut diungkap dalam jurnal Cancer Cell International tahun 2015.

Antiproliferasi adalah kemampuan untuk mencegah sel kanker berkembang dan memperbanyak diri dengan masif. Sedang induksi apoptosis adalah kemampuan menstimulasi imunitas untuk mematikan sel sel rusak dalam tubuh.

Bagaimana Mengonsumsi Temulawak Untuk Kesehatan Hati?

Untuk mendapatkan khasiat dari temulawak untuk kanker hati dan kesehatan hati secara umum Anda bisa mengonsumsi minuman teh herbal yang terbuat dari rebusan rimpang temulawak. Anda bisa gunakan rimpang basah yang segar, atau dengan rimpang yang telah dikeringkan sebelumnya.

Namun dalam deherba.com dijelaskan satu resep herbal berbahan temulawak untuk terapi kanker hati. Adapun resep herbal tersebut adalah sebagai berikut.

Bahan Utama :

Segenggam Temulawak segar ( sekitar ukuran ½ telapak tangan)

10 gram temu putih kering

15 gram daun saga segar

30 gram herba meniran (boleh basah atau kering)

15 gram daun sambiloto kering

Cara membuat

Bersihkan semua bahan dan potong kecil kecil herbal yang basah.

Rebus semua ramuan dalam air sebanyak 3 gelas dengan api kecil sampai tersisa hanya 1 gelas

Pastikan menggunakan panci email atau panci tanah liat

Diamkan sampai dingin, kemudian saring

Cara minum

Bagi ramuan menjadi dua bagian dan konsumsi ½ gelas 2 kali pada pagi dan sore hari sebelum perut di isi. Lakukan rutin terapi ini untuk dapatkan khasiat ramuan temulawak untuk kanker hati.