Breaking News

Tips Agar Percaya Diri di Depan Kamera

 

Apa yang harus saya lakukan untuk merasa percaya diri di depan kamera? wajah cantik? Tubuh ideal? Atau suara yang menyenangkan?

Dalam banyak kasus, fisik yang bagus tidak serta merta membuat seseorang tampil percaya diri di hadapan puluhan kamera. Model dengan bentuk gitar Spanyol bisa terlihat gugup saat berpose untuk pertama kalinya. Hal yang sama berlaku untuk juru bicara penanggulangan bencana yang ditunjuk pemerintah.

Oleh karena itu, kemampuan untuk tidak gugup bukanlah kemampuan yang dimiliki setiap orang. Beberapa orang mungkin berbakat dengan kemampuan ini. Tetapi secara umum, seseorang harus berlatih untuk mendapatkannya.

Jadi jika Anda masih sangat gugup di depan kamera, jangan khawatir. Pahami bahwa segala sesuatu membutuhkan prosesnya sendiri. Nah, untuk membantu Anda, berikut adalah 10 tips agar Anda tetap percaya diri di depan kamera.

  1. Rias Wajah

Menurut sumber dari situs www.wensuhwan.com, Cara mudah untuk tampil lebih percaya diri di depan kamera adalah dengan memakai riasan. Riasan dapat membuat kita lebih cantik dengan meningkatkan garis wajah tertentu dan menyembunyikan noda di wajah.

Aplikasi riasan juga merupakan saran yang sangat realistis. Karena penampilan merupakan faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri kita.

Jika kita berpikir kita jelek, maka kita pasti tidak percaya diri. Di sisi lain, jika kita merasa baik-baik saja, kepercayaan diri kita pasti akan naik. Dengan begitu kita bisa fokus pada akting atau sesuatu di depan kamera.

  1. Kenakan pakaian yang bagus dan nyaman

Selain riasan, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda mengenakan pakaian yang tepat. Pakaian harus sesuai dengan acara yang Anda ikuti.

Misalnya, Anda sedang diwawancarai tentang konten serius. Jadi sebaiknya Anda hanya mengenakan pakaian yang elegan. Hindari mengenakan pakaian berwarna cerah yang memberikan kesan terlalu kasual.

Dengan memilih pakaian yang tepat, Anda akan lebih rileks. Anda tidak perlu khawatir akan dianggap memiliki selera pakaian yang buruk. Selain itu, aspek lain yang perlu diperhatikan saat memilih pakaian adalah kenyamanan saat menggunakannya.

Cobalah untuk menggunakan bahan yang cocok untuk setiap situasi. Sebab jika tidak, tingkat kepercayaan diri di depan kamera bisa jadi berkurang karena panas dan gatal-gatal di tubuh.

  1. Jangan menganggap pendapat orang terlalu serius

Ketidakpercayaan seseorang seringkali datang dari sikap yang terlalu mempertimbangkan pendapat orang lain. Mereka sangat ketakutan karena merasa bahwa setiap mata yang melihat mereka akan menyerang mereka.

Karena itu, mereka bisa tampil sangat tegang saat disorot. Tangan mereka gemetar, kulit mereka berkeringat, bibir mereka kering, jari-jari mereka dingin.

Jika Anda tidak ingin melalui ini, pahamilah bahwa kebanyakan orang tidak seburuk yang Anda pikirkan. Umumnya, ketika orang melihat kekurangan Anda, mereka tidak jujur. Jadi, jangan terlalu takut untuk dihakimi.

  1. Terlihat bersih

Selain memastikan penampilan Anda menarik, Anda juga harus selalu menjaga kebersihan. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan kebersihan beberapa bagian tubuh seperti kuku, telinga, siku, dll.

Hal ini sebenarnya cukup mendasar. Namun karena alasan tertentu, beberapa orang lupa memotong kuku atau melupakan noda di tangan. Padahal, tubuh kotor sangat tabu di depan kamera.

  1. Perhatikan postur tubuh

Latih diri Anda untuk dapat berpose dengan benar dan benar. Anda harus memahami bagaimana memposisikan tubuh Anda untuk setiap acara.

Karena setiap aktivitas memiliki rasa yang berbeda. Misalnya, menyamar sebagai juru bicara merek makeup jelas berbeda dengan meniru seorang ahli.

Jika Anda tidak tahu bagaimana memposisikan tubuh Anda, kepercayaan diri Anda akan memudar. Pada awalnya, Anda mungkin merasa biasa saja. Namun lama kelamaan, Anda akan merasa tidak nyaman karena bingung bagaimana memposisikan diri.

Jadi, agar bisa tampil dengan postur yang benar, berlatihlah sebelum beraktivitas. Temukan posisi yang cocok untuk duduk, kaki, dan tangan Anda.

  1. Latihan pidato

Jika Anda perlu tampil di depan kamera untuk berbicara, maka Anda harus belajar berbicara terlebih dahulu. Coba, berlatih berbicara ke kamera Anda. Perhatikan nada atau nada dan pilihan kata Anda.

Jika perlu, cobalah untuk mencatat apa yang Anda katakan. Jadi Anda bisa berbicara lebih lancar dan percaya diri di depan kamera.

Jangan salah paham, banyak politisi dan tokoh masyarakat mempersiapkan terlebih dahulu apa yang akan mereka bicarakan. Sebagai pemula, Anda juga harus mengikuti strategi ini.

  1. Selalu belajar dari orang yang berpengalaman

Belajarlah dari mereka yang memiliki waktu terbang sendiri. Saat Anda tampil di depan kamera, Anda bisa melihat para senior di bidang Anda. Manfaatkan juga kursus serupa di berbagai situs seperti youtube.

Pada dasarnya ada banyak alat yang bisa digunakan untuk belajar. Jadi, jangan sia-siakan. Ikuti kelas apa saja yang dapat membantu Anda tampil lebih percaya diri saat memotret.