Breaking News

Tips Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Tips Beli Mobil Bekas Secara Kredit – Tips membeli mobil bekas secara kredit merupakan informasi penting untuk disimak. Sebab, tak banyak yang tahu kalau mobil bekas pun kini bisa dicicil. Kehadiran suatu mobil sepertinya bukan lagi barang ‘mewah’ bagi masyarakat. Bagaimana tidak, sekarang bukan hanya kalangan atas saja yang bisa memiliki mobil, tapi juga masyarakat dengan ekonomi menengah.

Hal itu rupanya bukan tanpa alasan. Sebab, membeli mobil saat ini dapat dilakukan dengan skema kredit alias cicilan. Apalagi membeli mobil secara kredit tidak hanya untuk mobil baru. Bahkan Anda yang memiliki dana terbatas bisa Beli Mobil Bekas secara kredit.

Tips Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Umumnya ada dua cara yang sering dilakukan untuk kredit mobil bekas. Yang pertama yaitu dengan membeli secara individual, dan yang kedua dengan membeli lewat sebuah showroom mobil bekas secara langsung. Meski begitu, membeli mobil bekas secara kredit tidak bisa sembarangan.

Tentukan Jenis Mobil Yang Ingin Anda Beli

Tips pertama dalam membeli mobil bekas secara kredit yaitu dengan menentukan terlebih dahulu jenis mobil yang akan Anda dibeli. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berapa anggaran yang harus Anda siapkan. Pilih mobil yang tahun produksinya masih baru atau tidak terlalu tua. Karena tahun produksi umumnya mempengaruhi performa mobil, meski rutin diservis.

Selain itu, jika Anda bisa memilih mobil sesuai dengan masa pakainya. Jika Anda berencana menggunakan mobil dalam waktu lama atau setidaknya sampai berkeluarga, pilihlah jenis mobil yang memiliki kabin luas seperti jenis Multi Purpose Vehicle (MPV).

Siapkan Anggaran

Kedua, pastikan Anda sudah menyiapkan anggaran. Idealnya, siapkan anggaran yang melebihi batas pembelian normal. Misalnya harga mobil bekas yang akan dibeli adalah Rp. 100 juta. Jadi, budget yang harus kamu siapkan harusnya Rp 150 juta atau kurang.

Tujuan dari penyusunan anggaran tambahan ini nantinya dapat digunakan untuk pembayaran uang muka. Meskipun sebenarnya ada beberapa sewa yang tidak mengenakan uang muka. Tapi yang pasti, jumlah cicilannya akan lebih besar. Untuk itu, ada baiknya jika Anda punya uang, ajukan uang muka untuk memudahkan cicilan. Uang muka mobil bekas biasanya tidak jauh dari kisaran 20-30 persen.

Cari Referensi

Jika Anda sudah mempunyai budget, tips membeli mobil bekas secara kredit selanjutnya yang bisa Anda ikuti adalah dengan mencari referensi tentang leasing, atau tempat jual mobil bekas sendiri. Dalam hal ini, Anda perlu dapat membandingkan masing-masing kelebihan dan kekurangan leasing atau dealer yang menjual sebuah mobil bekas dengan skema kredit. Sehingga nantinya Anda bertekad untuk memilih salah satunya.

Pilih Leasing Yang Terpercaya

Setelah mengumpulkan berbagai referensi, saatnya Anda menentukan pilihan pada salah satu leasing tersebut. Pastikan leasing ini bukan lembaga palsu dan sebaliknya sudah banyak direkomendasikan oleh konsumen sejenis. Gali lebih dalam sebuah informasi mengenai seorang leasing atau setidaknya tanyakan kepada kerabat Anda yang mungkin pernah mencoba kredit mobil bekas.

Dengan begitu, membeli mobil dengan skema cicilan ini tentu akan menguntungkan Anda secara finansial. Berikut ini adalah pilihan mobil bekas murah yang cocok untuk keluarga. Membeli mobil bekas merupakan pilihan bijak bagi konsumen dengan budget terbatas. Selain harga jual, pajak tahunan mobil bekas tidak setinggi seperti mobil baru. Ada mobil bekas murah yang luas, harga dibawah Rp. 100 juta.

Toyota Avanza 2004-All New 2012

Mobil ini sering dijadikan sebagai mobil keluarga yang paling diminati oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini dibuktikan karena jumlah penduduknya yang besar dan tersebar hingga ke pelosok Indonesia. Mulai dari Harga Avanza Bekas, dengan tipe keluarga pertama tahun 2004 sampai varian all new avanza tahun 2013 dapat Anda pilih mulai dari budget Rp. 100 juta.

Chevrolet Spin 2013-2016

Mobil buatan Amerika ini juga hadir untuk meramaikan pasar mobil bekas murah untuk keluarga. Tidak sampai Anda menghabiskan Rp. 100 jutaan, tipe MPV ini bisa menjadi pilihan Anda. Selain itu Anda juga bisa memiliki varian mesin yang Anda sukai. Dari 1,2 bensin, 1,3 diesel, 1,5 bensin. MPV ini dibandrol mulai dari Rp. 60 juta menjadi Rp. 100 juta, tergantung kondisi mobil.

Demikian ulasan tentang Tips Beli Mobil Bekas Secara Kredit semoga bermanfaat.