Breaking News

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Mengenai Rencana 5 Tahun ke Depan

 

 

Pernahkah Anda ditanya apa rencana Anda untuk 5 tahun ke depan? Ya, HRD dan pengguna sering menanyakan pertanyaan semacam ini selama wawancara kerja atau wawancara.

Biasanya mereka meminta ini untuk melihat penglihatan Anda selama waktu itu. Apakah sejalan dengan tujuan perusahaan atau sebaliknya.

Jawaban atas rencana Anda untuk 5 tahun ke depan mungkin tidak selalu terkait dengan pekerjaan. Yang lain menjawab lebih pribadi atau pribadi.

Misalnya, rencana saya 5 tahun ke depan adalah menikah, membeli rumah, naik haji atau naik haji, dll. Dan mereka yang berhubungan dengan karir, ingin menjadi manajer perusahaan, memulai bisnis atau lainnya.

Pelamar terkadang menjawab pertanyaan-pertanyaan ini tanpa persiapan. Artinya, itu baru saja muncul. Meskipun Anda harus mempertimbangkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini agar akurat dan meyakinkan pewawancara.

  • Sesuaikan dengan minat dan kemampuan

Bekerja di bidang yang sesuai dengan minat Anda pasti akan membuat Anda lebih bersemangat. Namun, hal ini juga harus didukung dengan kompetensi atau keahlian yang dimiliki.

Anda dapat menjawab pertanyaan untuk 5 tahun ke depan dengan menyesuaikan minat dan keterampilan Anda. Misalnya saya ingin mendalami bidang digital marketing, khususnya di bagian copywriting dan social media officer.

Ini adalah jawaban yang menunjukkan bahwa Anda ingin mencoba hal baru berdasarkan minat dan kemampuan Anda, karena Anda sedang melamar posisi penulis konten. Artinya, Anda ingin meningkatkan keterampilan dan pengalaman Anda di bidang terkait.

  • Sampaikan bagaimana kamu akan mengembangkan diri

Selain post-processing tugas-tugas yang ada, perusahaan tentunya mengharapkan karyawan untuk memberikan kontribusi yang besar. Hal ini dapat dicapai jika Anda mampu mengembangkan keterampilan yang Anda miliki saat ini.

Baca Juga : Loker PT Victory Ching luh Indonesia

Oleh karena itu, ini memungkinkan Anda untuk melakukan lebih banyak tugas di perusahaan di masa depan. Ini adalah langkah yang meyakinkan bagi pewawancara.

Contoh jawabannya adalah saya ingin mengikuti kursus atau lokakarya SEO profesional, pemasaran digital, pencarian google, pemasaran media sosial. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan saya, selain keterampilan menulis dan mengedit.

  • Kaitkan dengan strategi untuk mencapai tujuan

Perusahaan membutuhkan karyawan yang loyal. Jangan “bergabung” dan pergi dalam beberapa bulan. Jika Anda bukan orang seperti itu, harap yakinkan pewawancara.

Anda dapat menjawab pertanyaan tentang rencana Anda untuk 5 tahun ke depan dengan menguraikan karir yang ingin Anda capai. Misalnya, ingin menjadi editor. Saat ini melamar posisi reporter.

Kemudian komunikasikan strategi apa saja untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, dia tidak hanya rajin di lapangan, tetapi dia telah mengembangkan hubungan dengan banyak sumber, termasuk direktur perusahaan, pejabat pemerintah, sehingga dia memiliki banyak kenalan untuk melaporkan kebutuhan.

Lalu jawaban seperti apa yang mesti dihindari?

  • Terlalu muluk atau ambisius

Dalam dunia kerja, optimisme sangat diperlukan. Tetapi Anda juga harus mengukur diri Anda sendiri, meskipun tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Terkadang, banyak pelamar yang terlalu ambisius saat menjawab pertanyaan tentang rencana 5 tahun ke depan. Misalnya, Anda ingin menjadi CEO sebuah perusahaan. Dan Anda baru ingin memulai karir atau pekerjaan untuk pertama kalinya.

Dunia kerja yang sebenarnya memang berat. Berbicara tidak mudah. Butuh kerja keras, pengorbanan waktu dan tenaga untuk sampai ke puncak. Yang terpenting, tidak ada yang instan.

Karena itu, rencana lima tahun ke depan tidak boleh terlalu ambisius.

  • “Tidak tahu atau belum tahu”

Dilarang keras menggunakan “tidak tahu atau tidak tahu” untuk menjawab pertanyaan tentang rencana 5 tahun ke depan. Sama saja dengan tidak memiliki visi, misi, atau rencana jangka panjang dalam hidup Anda.

Pewawancara akan menganggap Anda tidak peduli dengan rencana kerja dan masa depan Anda. Perusahaan membutuhkan karyawan dengan tujuan karir dan kehidupan yang jelas atau terencana. Jadi, bukan hanya pekerjaan.

Pikirkan Sebelum Menjawab

Pertanyaan tentang perencanaan 5 tahun ke depan dalam wawancara kerja adalah hal yang lumrah. Anda bisa mempersiapkan jawaban ini sebelum proses wawancara.