Breaking News

Tips Merawat Cincin Emas Agar Awet

Anda memiliki perhiasan emas yang sering dipakai? Tanpa sadar nantinya emas itu akan memudar warnanya dan menjadi tidak menarik. Maka dari itu rajin-rajinlah untuk merawatnya. Apalagi jika perhiasan itu sangat penting seperti cincin tunangan emas atau cincin nikah.

Dengan rajin merawatnya maka perhiasan emas Anda akan selalu dalam kondisi baik. Mengingat perhiasan emas juga merupakan investasi yang menjadi primadona akhir-akhir ini. Nilai jual emas ini juga akan dipengaruhi oleh penampilan perhiasan tersebut.

Sebenarnya merawat emas tidak sulit, Anda bisa merawatnya sendiri. Berikut beberapa cara membersihkan emas sendiri:

1. Lepas Perhiasan Saat Mandi

Jika Anda terbiasa menggunakan perhiasan emas saat mandi, mulai saat ini biasakan untuk melepas perhiasan emas Anda saat mandi. Hal ini dikarenakan saat mandi bahan-bahan kimia dari sabun, sampo, hingga pembersih muka merupakan hal yang merusak emas.

Saat emas sering terkena bahan-bahan kimia tersebut, warna dari emas akan semakin pudar. Dengan melepas perhiasan tersebut berarti Anda mengurangi emas mendapat paparan bahan kimia.

Jika selesai mandi Anda masih menggunakan body lotion atau parfum, lebih baik gunakan dulu dan biar meresap dengan baik ke kulit. Baru setelah itu gunakan Kembali perhiasan Anda.

2. Simpan Di Kotak Perhiasan

Jika Anda memiliki perhiasan emas jangan sembarangan untuk menyimpannya. Saat perhiasan tersebut tidak dipakai, sebaiknya Anda menyimpannya di kotak perhiasan dan pastikan tidak menumpuk. Dengan menyimpannya di kotak perhiasan membuat emas tetap berkilau.

Apalagi jika perhiasan kalung atau anting, jangan taruh menumpuk karena bisa saling menempel dan terbelit. Hal ini juga merupakan penyebab perhiasan rusak.

3. Cuci Emas Dengan Campuran Deterjen dan Soda

Tips membersihkan lainnya yakni dengan membersihkan perhiasan emas dengan campuran deterjen dan soda secara berkala. Anda cukup memasukkan emas ke dalam larutan deterjen dan soda selama 10-20 menit, lalu bersihkan dengan sikat lembut.

Selanjutnya bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain. Untuk kalung atau anting Panjang lebih baik bersihkan satu-satu agar tidak terlilit satu sama lainnya.

4. Bersihkan Dengan Pasta Gigi

Cara yang terakhir yakni membersihkan perhiasan dengan pasta gigi. Caranya hampir sama dengan membersihkan dengan deterjen dan soda, Anda tinggal mencampurkan pasta gigi dengan air adik rata sampai tidak kental.

Selanjutnya celupkan sikat pada larutan dan sikat perhiasan perlahan-lahan agar kotoran terangkat tanpa merusak perhiasan. Yang terakhir bilas dengan air bersih dan keringkan.

Penutup

Demikian tadi tips membersihkan emas sendiri yang bisa Anda praktekkan. Lakukan perawatan tersebut dengan rutin agar perhiasan emas tetap dalam keadaan baik. Anda juga bisa menggunakan tenaga ahli jika perhiasan Anda sangat penting seperti cincin tunangan emas.

Anda bisa membawanya ke toko perhiasan agar dibersihkan dengan cara yang lebih aman. Namun kekurangannya adalah tidak praktis dan memerlukan biaya ekstra. Jika ingin berhemat ya silahkan gunakan cara di atas. Semoga bermanfaat.