Breaking News

Tips Saat Mengajukan KPR Untuk Properti Anda

Pengajuan KPR merupakan salah satu langkah terpenting dalam proses pembelian rumah. Hipotek adalah pinjaman yang akan Anda gunakan untuk membayar rumah Anda dan juga merupakan cara untuk membangun kredit Anda. Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan KPR.

Berikut beberapa tips saat mengajukan KPR:

Menentukan budget biaya rumah yang akan Anda miliki

Dalam membeli rumah idaman, Anda harus cermat dan teliti dalam menentukan kisaran semua biaya yang akan Anda keluarkan. Jangan sampai dana yang baru saja Anda kenakan, karena biaya yang tidak terduga. Cari tahu harga rumah, mulai dari uang muka, biaya pajak, biaya dokumentasi, biaya notaris, biaya kontrak rumah, dll. Hal ini untuk mengantisipasi kekurangan biaya jika ingin memiliki rumah.

Memastikan jumlah total kredit Anda tidak melebihi batas maksimal

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil rumah dengan KPR, langkah penting yang harus diketahui adalah mengetahui jumlah kredit yang Anda miliki. Karena salah satu syarat agar KPR Anda disetujui adalah bagaimana rekam jejak kredit Anda selama ini, semakin banyak kredit yang Anda miliki, semakin kecil aplikasi hipotek Anda. Pengembang rumah tidak ingin mengambil risiko jika kredit Anda akan menjadi penyebab pembayaran jual beli properti Anda macet.

Bandingkan harga KPR dibeberapa pihak

Salah satu cara agar Anda dapat membeli rumah impian dengan harga yang tepat adalah dengan mengetahui tidak hanya satu pemberi pinjaman tetapi juga satu penjamin untuk pinjaman rumah Anda. Hal ini bertujuan untuk mencari suku bunga KPR yang lebih rendah, jangan sampai biaya KPR lebih besar dari harga cicilan bulanan Anda.

Semakin Anda mencari lebih dari 2 pemberi pinjaman, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan hipotek murah. Setelah Anda menemukan kreditur yang sesuai dan sesuai dengan dana Anda, Anda bisa mengajukan KPR dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, dan tentunya tidak merugikan Anda sebagai peminjam.

Mendapatkan surat persetujuan

Setelah Anda menemukan pemberi pinjaman yang dapat memberikan KPR berbunga rendah, langkah selanjutnya adalah mendapatkan surat persetujuan yang menjelaskan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kreditur pasti akan melihat seberapa besar gaji Anda, kredit, dan faktor lain yang bisa membuat Anda layak untuk disetujui. Oleh karena itu, pilihan ini akan menentukan berapa besaran KPR yang akan Anda dapatkan nantinya, sehingga memudahkan Anda untuk memiliki rumah idaman.

 

sumber: DOCOM – Digital Marketing Agency Indonesia