Breaking News

Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan USG Ke Dokter Spesialis Kandungan Hanya Di Sehat.com

Sebagian besar masyarakat mengetahui USG hanya dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin dari bayi yang ada dalam kandungan tersebut. Namun menurut dokter  spesialis kandungan fungsi dari USG tidak hanya itu saja, karena memang banyak fungsinya. Salah satunya adalah dengan melakukan USG maka dokter dapat memeriksa keadaan dan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Untuk itu melakukan USG sangat disarankan untuk ibu yang sedang hamil. Perkembangan janin yang ada di dalam kandungan dapat dipantau dan diperiksa hanya melalui USG. Karena dengan alat tersebut dapat melihat secara langsung keadaan dari janin tersebut. Untuk melakukan USG yang pertama disarankan saat usia kandungan lebih dari 7 minggu. selain itu juga terdapat waktu yang tepat untuk USG, diantaranya adalah:

1. Melakukan USG Pada Minggu ke 18-20

Waktu yang seperti ini janin yang berada di dalam kandungan mulai terbentuk dan juga terlihat bagian tubuhnya. Di saat ini anda dapat mempertanyakan dan konsultasi mengenai perkembangan dari janin tersebut. Saat usia kandungan diatas 18 minggu dapat mengevaluasi keberadaan janin tersebut, selain itu juga untuk mengetahui jumlah, ukuran dan juga lokasi kehamilan.

Waktu saat ini sangat tepat untuk mengetahui kondisi janin, karena janin masih sangat kecil dan lemah. Sehingga membutuhkan lebih banyak perhatian khusus. Untuk itu diperlukan melakukan USG agar janin di dalam kandungan dapat dilihat keadaannya. Untuk ibu hamil diharuskan untuk mengkonsumsi lebih banyak protein dan juga memakan sayur serta buah.

Kesehatan dari ibu hamil sangat mempengaruhi juga terhadap kondisi  janin yang ada di dalam kandungan. Untuk itu pastikan ibu hamil mencaga pola makannya dengan makan yang bergizi untuk nutrisi janinnya.

2. USG Pada Minggu ke 27-32

Pada minggu ke 27 hingga minggu ke 32 dapat dikatakan sebagai salah satu waktu yang tepat untuk melakukan USG ke dokter spesialis kandungan. Karena di waktu ini janinnya mulai akan terlihat lebih jelas fitur wajahnya. Selain itu semua bentuk bagian tubuh dari janin juga mulai terlihat jelas.

Saat yang seperti ini sangat diperlukan untuk memantau perkembangan janin agar tetap sehat hingga waktu melahirkan nanti. Anda juga bisa melakukan USG dengan 4 dimensi pada usia kehamilan ini, dokter juga sudah dapat melihat dan mendeteksi kelainan seperti bibir sumbing pada usia ini. jika cukup rumit Anda bisa menggunakan fitur chat dokter dari SehatQ.com. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menanyakan apapun hal terkait kandungan dan masalah penyakit lainnya. Nanti akan langsung dijawab oleh dokter spesialis bersangkutan.

3. Melakukan USG Saat Usia Kandungan 33-36 Minggu

Usia kandungan pada minggu ini dapat dikatakan sebagai waktu yang terakhir untuk melakukan USG. Usia kandungan ini janin sudah dapat dikatakan memiliki tubuh yang sempurna. Fitur wajah dari bayi juga lebih terlihat. Pada usia ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pemotretan untuk wajah bayi anda, dikarenakan bayi dalam posisi yang juga tepat.

Pada saat ini memang semua bagian tubuh sudah terbentuk sempurna dan hanya menunggu waktu melahirkan tiba. Pastikan ibu hamil tetap menjaga pola makan dan mencukupi gizi untuk ibu dan janinnya agar saat janin sudah keluar dalam kondisi normal dan sehat.

Konsultasi dengan dokter spesialis kandungan sangat diperlukan oleh ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk memantau perkembangan janin. Oleh karena itu disarankan anda tidak melakukan USG hanya sekali selama masa kehamilan, namun juga jangan terlalu sering. Pastikan anda melakukan USG dalam waktu yang tepat, agar kesehatan janin dapat terpantau. Anda juga bisa mendapatkan informasi lengkap seputar kandungan dan dokter kandungan hanya di SehatQ.com.